Tentang feedburner

Salah satu cara untuk memaksimalkan suatu blog adalah dengan mendaftarkan blog tersebut ke feedburner. Secara tidak langsung, layanan gratis yang disediakan feedburner dapat membantu meningkatkan traffic blog kita. Sebenernya ada layanan feed lain yang serupa seperti feedblitz dan rmail. Cuma kali ini saya akan bahas feedburner aja.


Apa itu Feedburner

Berikut adalah kutipan dari situs feedburner mengenai pengertian feedburner

FeedBurner is the leading provider of media distribution and audience engagement services for blogs and RSS feeds. Our Web-based tools help bloggers, podcasters and commercial publishers promote, deliver and profit from their content on the Web

Sedangkan kalo menurut saya pribadi, Feedburner merupakan penyedia jasa layanan publikasi suatu web / blog dengan cara menyebarluaskan content dan rss feeds suatu web / blog. Secara tidak langsung feedburner akan membantu mempromosikan suatu web / blog dengan layanan yang dimilikinya. Sehingga dapat meningkatkan traffic pengunjung web / blog tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai feedburner, langsung aja ke situsnya atau klik disini


Cara Daftar Blog ke Feedburner

Setelah membahas mengenai apa itu feedburner, sekarang bagian cara mendaftarkan blog ke feedburner.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi situs feedburner di http://www.feedburner.com/. Selanjutnya, akan muncul suatu halaman web seperti ini :

Pada kotak yang ditunjukin tanda panah merah, masukan alamat feed blog anda. Contoh untuk blog ini http://kursus-blog.blogspot.com/feeds/posts/default. Silahkan ganti alamat blognya dengan alamat blog anda. Setelah itu langsung klik next (ga usah checklist kolom i am a podcaster).

Kemudian akan muncul lagi suatu halaman seperti ini:

Isi kolom tersebut sesuai data blog anda. Kalo dah beres, klik activate feed. Jika ada kesalahan pengisian, coba ulangi lagi sampai sukses. Kesalahan biasanya pada pengisian kolom feed address karena udah ada nama feed dengan address yang sama. Untuk mengatasinya gunakan nama feed yang unik (ga harus sesuai dengan judul blog), setelah itu klik activate feed lagi. Lalu akan muncul sebuah halaman seperti ini :

Setelah alamat feed blog anda jadi, anda langsung saja menuju ke blogger untuk mengubah settingan feed blogger. Caranya masuk ke menu pengaturan kemudian klik feed situs. Lalu masukan alamat feed anda yang tadi di buat ke kotak isian posting URL pengubahan arah feed lalu save.

Kembali ke laptop feedburner. Langsung klik aja skip directly to feed management (ga usah klik next). Nah...setelah itu maka feed blog anda di feedburner sudah jadi. Selanjutnya tinggal cara setting di feedburner

Comments :

2 komentar to “Tentang feedburner”
plikwatulimo mengatakan...
on 

Wah,,, ini sangat berguna bagi bloger pemula serupa saya. terimakaish gan...

ARS mengatakan...
on 

Makasih infonya...sangat berguna buat saya

Posting Komentar