Simpan widget sebelum ganti template

Kemaren ada yang nanya ma saya,

"mas mo nanya nih, kalo mo ganti template widgetnya ke hapus ya"....


Setelah saya baca pertanyaan tersebut, saya jadi berpikir ternyata masih ada blogger yang ga tau gimana caranya ganti template yang baik. Nah...mungkin kebanyakan dah pada tau banget kalo yang namanya widget bakal ke hapus jika templatenya di ganti. Nah...gimana caranya supaya walaupun template kita diganti, tapi widget ga kehapus...?!!. Jawabannya pasti silahkan backup dulu widgetnya...Nah..cara backupnya gimana..?!

Untuk membackup widget blog supaya ga kehapus jika kita mengganti template blog kita, caranya banyak banget. Tapi untuk saat ini, saya hanya akan ngasih tau cara backup widget yang paling mudah menurut saya. Soalnya kalo dibahas disini semua takut ke panjangan nih..Ok Langsung saja saya kasih tau caranya.


Silahkan login dulu di blogspot. Setelah itu, langsung menuju ke halaman tata letak lalu perhatikan gambar di bawah ini :


Kalian bisa lihat yang ditunjukin ma panah yang warna merah itu kan..?! nah...untuk membackup widget, setelah masuk halaman tata letak, kalian tinggal klik link edit pada widget yang akan kalian backup. Setelahnya akan muncul gambar seperti di bawah :


Nah...silahkan kalian copy kode widgetnya, lalu simpan ke dalam file notepad. Begitu pula dengan widget yang lainnya, silahkan ulangi lagi dari langkah awal. Nah...jika semua widget sudah di backup, baru deh kalian ganti templatenya. Jika sudah, baru masukin lagi widget2 yang tadi di backup. Sehingga widget blog kalian tidak akan hilang...

Comments :

0 komentar to “Simpan widget sebelum ganti template”

Posting Komentar